Sosialisasi dan pendidikan pemakai pada kegiatan PKKPIMB

Selasa, 06 September 2022 UPT Perpustakaan melakukan sosialisasi dan pendidikan pemakai pada kegiatan PKKPIMB (Pengenalan Kehidupan Kampus dan Pembinaan Ideologi bagi Mahasiswa Baru) Universitas Muhammadiyah Jember. Kegiatan tersebut digelar di gedung Ahmad Zainuri Universitas Muhammadiyah Jember yang diikuti oleh mahasiswa baru Fakultas Ilmu Kesehatan dan Fakultas Ekonomi Bisnis yang berjumlah 494 mahasiswa/i yang merupakan gelombang pertama dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk program dari UPT Perpustakaan yang rutin digelar setiap tahunnya dalam pengembangan layanan bimbingan pemustaka dan layanan informasi. Maka tentu saja apa yang dipaparkan oleh Kepala UPT Perpustakaan, Berlian Eka Kurnia, S.IIP., M.A, dalam kegiatan tersebut ialah mengenai pengenalan layanan dan fasilitas yang dimiliki oleh Perpustakaan yang dapat dipergunakan oleh civitas academica sebagai sarana belajar dan rekreasi. Diantara layanan dan fasilitas tersebut ialah ;

  • Katalog Online (OPAC) : Media untuk mencari koleksi secara online. Mahasiswa dapat login dengan menggunakan akun SIA untuk mengetahui daftar pinjaman dan booking buku.
  • Layanan Sirkulasi : Layanan peminjaman, pengembalian, dan perpanjangan koleksi.
  • Layanan Repository : Merupakan kumpulan semua karya ilmiah civitas akademica Unmuh Jember yang dapat diakses secara terbuka.
  • Layanan Skripsi : Layanan koleksi skripsi yang dapat dibaca ditempat.
  • Layanan E-Library : Layanan perpustakaan digital yang menyediakan berbagai koleksi dalam bentuk digital yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja.
  • Layanan Terbitan Berkala : Menyediakan koleksi terbitan berkala berupa koran, majalah dan jurnal.
  • Layanan Koleksi Referensi : Menyediakan koleksi referensi seperti ensiklopedia, kamus, direktori, katalog, buku panduan, buku tahunan, bibliografi, dll.
  • Layanan Usulan Buku : Pemustaka dapat memberikan usulan pengadaan buku ke perpustakaan apabila buku yang dicari tidak ada di perpustakaan.
  • Layanan Literasi Informasi dan Bimbingan Pemustaka : Memberikan workshop penulisan karya ilmiah, mengadakan kelas literasi informasi secara berkala/ menyesuaikan permintaan pemustaka, sosialisasi pemanfaatan perpustakaan, dll.
  • Layanan E-Jurnal : Menyediakan E-Journal internasional yang dilanggan dari beberapa vendor antara lain PROQUEST, CENGAGE, dan E-RESOURCES lainnya.
  • Layanan Kartu SUPER : Kartu Super adalah kartu yang digunakan untuk mengakses layanan seluruh perpustakaan yang tergabung dalam FPPTI Jawa Timur.
  • Bank Indonesia Corner : Menyediakan ruang diskusi yang dilengkapi dengan koleksi laporan ekonomi dari Bank Indonesia berupa karya cetak maupun CD.
  • Layanan Pojok Statistik : Informasi data statistik dan konsultasi statistic dengan para pakar, serta cara penggunaan aplikasi BPS.
  • Layanan Informasi Perpustakaan : Memberikan kemudahan kepada pemustaka untuk mendapatkan informasi seputar perpustakaan serta sarana perpustakaan untuk get in touch dengan pemustaka.
  • Layanan EXIM Corner : Konsultasi dan pelatihan seputar ekspor-impor untuk mendukung UMKM agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

 

Selain dari sisi layanan dan fasilitas tersebut juga disampaikan oleh Berlian Eka Kurnia mengenai pentingnya budaya literasi pada lingkungan civitas academica, khususnya mahasiswa. Mengingat bahwa dari data OECD, budaya membaca masyarakat Indonesia ialah yang terendah di antara 52 negara di Asia. Berkaca dari hal tersebut maka perlu menstimulus mahasiswa untuk gemar membaca, terlebih mampu menjadi agen penggerak literasi ditengah masyarakat.