Sosialisasi Pencegahan Plagiarisme dan Prosedur Unggah Mandiri Repository Universitas Muhammadiyah Jember

Pada tanggal 11, 12, dan 13 April 2023 UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) mengadakan kegiatan Sosialisasi Pencegahan Plagiarisme dan Prosedur Unggah Mandiri Repository Universitas Muhammadiyah Jember untuk mahasiswa tingkat akhir. Kegiatan yang diadakan secara daring ini diikuti oleh lebih dari 200 mahasiswa tingkat akhir dari semua program studi.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya pencegahan terjadinya plagiarisme pada penelitian karya ilmiah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember dan untuk membantu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember dalam proses unggah mandiri pada repository. Dalam sambutannya, Kepala UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember, Berlian Eka Kurnia, M.A., mengatakan bahwa sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih jelas tentang pentingnya integritas akademik dan tata cara pengunggahan karya ilmiah ke repository universitas. "Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, dosen dan mahasiswa dapat menghindari tindakan plagiasi dan menerapkan etika akademik dalam kegiatan penelitian," ujarnya.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa diajarkan cara menghindari plagiarisme dan bagaimana melakukan pengecekan keaslian karya. Selain itu, mahasiswa juga diberikan informasi mengenai unggah mandiri repository perpustakaan, yaitu sistem penyimpanan karya ilmiah yang dijadikan sebagai sarana pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan dan penelitian.Unggah mandiri repository ini merupakan salah satu syarat yang wajib dilakukan untuk mendapatkan surat bebas pustaka perpustakaan. 

Kegiatan sosialisasi pencegahan plagiarisme dan unggah mandiri repository di Unmuh Jember mendapatkan respon positif dari mahasiswa. Mereka merasa terbantu dengan informasi yang diberikan dan antusias untuk mempublikasikan karya ilmiahnya di unggah mandiri repository. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang lebih luas bagi mahasiswa dan civitas academica Unmuh Jember.

Informasi tentang Pencegahan Plagiarisme dan Prosedur Unggah Mandiri Repository ini dapat dilihat di youtube perpustakaan Unmuh Jember pada link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=S-GjxoqVh1w