Festival Literasi dalam Rangka Menyambut Bulan Baca bersama The Jannah Institute

UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember bekerjasama dengan The Jannah Institute dalam sebuah kegiatan bertajuk Festival Literasi. Acara tersebut diselenggarakan pada tanggal 18 s/d 19 oktober 2022 bertempat di ruang UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember. Dalam gelaran tersebut diramaikan juga oleh Forum TBM Jember, Read Aloud Jember, Jember Doodle Art, Muslimah Youth Club dan The Jannah Institute Community.

Pada hari pertama, 18 oktober 2022, diselenggarakan sebuah Talkshow Literasi, "An Investment In Knowledge Always Pays The Best Interest" . Dengan narasumber; Prita H.W.S.Sos.,CNLPBP (Founder The Jannah Institute), Riyadi Ariyanto, S.Pd (English Teacher, Founder Sekolah Alam Raya), Berlian Eka Kurnia S.IIP.,M.A (Kepala UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember), dan sebagai moderator Irene Antari (Publick Speaking Enthusiast, Freelancer Trainer The Jannah Institute). Dalam talkshow tersebut diikuti 17 peserta yang terdiri oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember dan juga dari mahasiswa kampus luar. Para peserta cukup antusias mengikuti kegiatan tentang pentingnya sebuah investasi ilmu pengetahuan tersebut. Salah satu narasumber, Riyadi Ariyanto mengatakan, “Pengetahuan adalah salah satu bagian dari investasi. Negara yang maju karena mampu menerapkan investasi pengetahuan. Pengetahuan adalah kekuatan”.

Kemudian pada hari kedua, 19 oktober 2022 digelar Workshop bertema “How To Build Your Speaking Skill as Good as Writing Skill”, yaitu sebuah keterampilan menulis dengan mudah dan menyenangkan. Dalam kegiatan workshop tersebut diikuti oleh 9 peserta yang dibimbing langsung oleh Prita H.W.S.Sos.,CNLPBP, yang sudah cukup pengalaman dalam dunia literasi. Salah satu karya beliau adalah buku “Bangga menjadi Jember people”. Dengan ilmu dan pengalaman yang ditularkan tersebut diharapkan mampu menumbuhkan semangat berkarya dan menanamkan budaya literasi kepada peserta, khususnya bagi kalangan mahasiswa.