Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan BPS (Badan Pusat Statistik) Kabupaten Jember

Rabu, 30 Maret 2022 UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember menggelar acara Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan BPS (Badan Pusat Statistik) Kabupaten Jember. Dalam acara ini dihadiri oleh Kepala BPS Kabupaten Jember, Rektor Universitas Muhammadiyah Jember, Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Jember, Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Jember, serta perwakilan beberapa perpustakaan perguruan tinggi yang ada di Jember. Selain Penandatanganan Kerja Sama juga dilaksanakan peresmian Pojok Statistik. Pojok Statistik ialah layanan kolaborasi antara BPS dengan perguruan tinggi di Indonesia. Yang mana dalam Pojok Statistik ini nantinya dapat digunakan oleh civitas academica sebagai sarana belajar, berdiskusi, dan penelitian guna meningkatkan inovasi yang berdampak pada kemajuan pembangunan daerah dan juga bangsa.

 

Sambutan Rektor Universitas Muhammadiyah Jember

 

Dalam kegiatan ini diawali oleh sambutan Rektor Universitas Muhammadiyah Jember, Dr. Hanafi, M. Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa tujuan dari kerjasama ini ialah salah satu bentuk usaha dalam melebarkan relasi dan menjalin kerjasama dengan lembaga pemerintah.

 

Sambutan Kepala UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember

 

Dilanjutkan sambutan kedua oleh Kepala UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember, Berlian Eka Kurnia, M.A. Dalam sambutannya tersebut beliau menyampaikan terimakasih kepada BPS Kabupaten Jember yang telah bersedia memberikan fasilitas dan layanan Pojok Statistik di UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember. Harapan dari adanya Pojok Statistik ini ialah dapat meningkatkan layanan UPT Perpustakaan kepada civitas academica, khususnya penyediaan bahan atau sumber belajar dan penelitian. Tidak hanya itu, beliau juga mempersilahkan apabila ada pemustaka dari luar civitas academica yang ingin berkunjung dan memanfaatkan layanan yang ada di UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember. “Dari awal pandemi beberapa waktu lalu kami juga telah dikunjungi mahasiswa asal Jember yang menempuh pendidikan diluar kota. Karena sulitnya akses untuk kembali ke kampus masing-masing maka banyak dari mahasiswa tersebut memanfaatkan koleksi yang ada disini. Jadi silahkan saja apabila dari luar kampus ingin memanfaatkan.”

 

Sambutan Kepala BPS Kabupaten Jember

 

Hal senada juga disampaikan Kepala BPS Kabupaten Jember, Ir. Arif Joko Sutejo. Dalam sambutannya beliau menyampaikan terimakasih atas tindak lanjut dan apresiasi terhadap  peresmian Pojok Statistik di UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember. Beliau juga menyampaikan, bahwa Pojok Statistik sebagai bentuk organisasi statistik dapat dimanfaatkan sebagai sumber analisa dalam menunjang kegiatan penelitian civitas academica yang nantinya berdampak pada kemajuan masyarakat. Selain itu juga diharapkan dapat menghasilkan data sharing antara Perguruan Tinggi, BPS, dan Pemerintah. “Kini sudah masanya semua sektor saling kolaborasi untuk kemajuan masyarakat” terangnya.

 

Proses Penandatanganan Kerja Sama antara UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember dengan BPS Kabupaten Jember

 

Setelah kegiatan Penandatanganan Kerja Sama dan pemotongan pita peresmian Pojok Statistik yaitu dilanjutkan dengan kegiatan simulasi dan pengenalan akses data melalui aplikasi BPS kepada perwakilan mahasiswa, serta para peserta. Dalam akses data BPS tersebut dapat dilakukan melalui website, maupun aplikasi mobile (appstore dan google play) yang terkoneksi dengan internet (selengkapnya dapat dilihat pada laman website BPS Kabupaten Jember https://jemberkab.bps.go.id/ ). Selain itu, melalui Pojok Statistik ini BPS Kabupaten Jember juga akan memberikan layanan konsultasi statistik kepada civitas academica dengan jadwal yang telah ditentukan nantinya. Dipenghujung acara Wakil Rektor I, Dr. Emi Khalifah, M.Si juga memberi himbauan kepada UPT Perpustakaan untuk segera melakukan sosialisasi ke prodi-prodi. Harapannya agar Pojok Statistik ini untuk segera dimanfaatkan oleh civitas academica.