Sosialisasi Pemanfaatan Koleksi Digital Perpustakaan Nasional RI

 

Pada hari Selasa, 29 Maret 2022 pukul 09.00 WIB UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) melakukan kegiatan webinar melalui zoom dan live youtube tentang Sosialisasi Pemanfaatan Koleksi Digital Perpustakaan Nasional RI.

 

Sambutan Kepala Perpustakaan

 

Sosialisasi tersebut dibuka oleh Pustakawan Perpustakaan Unmuh Jember Jember Ibu Endang Dewi Kartika S.Ptk yang kemudian diisi sambutan oleh Kepala Perpustakaan Unmuh Jember Ibu Berlian Eka Kurnia S.IIP.,M.A dan juga perwakilan Plt. Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara Bapak Arif Wicaksono, S.Hum.,M.Hum. Acara utama sosialisasi ini diisi oleh pemateri Bapak Sutrilastio, SS.,M.Hum.

 

Kegiatan Sosialisasi melalui zoom meeting

 

Sosialisasi ini pemateri memaparkan berbagai cara akses koleksi digital yang dimiliki oleh Perpustakaan Nasional RI, koleksi digital yang tersedia antara lain: ipusnas, Indonesia OneSearch dan E-Resources. Ipusnas adalah salah satu fasilitas berupa E-Book, Indonesia OneSearch adalah salah satu fasilitas Katalog online untuk pencarian buku/koleksi dan E-Resources adalah kumpulan E-Jurnal yang dilanggan Perpustakaan Nasional RI, Pemateri juga mempraktikan bagaimana cara melakukan pendaftaran anggota, bagaimana cara pencarian koleksi dan bagaimana cara meminjam koleksi atau mendownload E-Jurnal.