Kegiatan Literasi Informasi di UPT Perpustakaan UM Jember

Pada Bulan Juni hingga November 2021 UPT Perpustakaan UM Jember telah melakukan kegiatan kelas literasi informasi batch-4 yang di laksanakan di perpustakaan. Saat kegiatan ini dibuka dan diumumkan di sosial media, banyak antusias dari mahasiswa maupun dosen UM Jember. Mahasiswa yang telah mengikuti diantaranya dari prodi Psikologi, Ilmu Komunikasi, Agribisnis, Teknologi Industri Pertanian, PAUD, Pendidikan Bahasa Inggris, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Akuntansi, dan sebagainya. Mahasiswa yang mengikuti kelas literasi informasi beragam dari semester 1 hingga semester 7. Ada pun materi kelas literasi informasi yang diberikan kepada pemustaka antara lain akses e-book, akses e-resources/e-jurnal, tata cara menghindari plagiarisme, pemanfaatan aplikasi Mendeley, dan tata cara unggah repository. Setiap sesi kegiatan dipandu oleh para pustakawan UM Jember.

Untuk dapat mengikuti kelas literasi ini mahasiswa cukup mengisi formulir online yang telah disediakan dan jam kegiatan sesuai dengan waktu luang mahasiswa. Kelas literasi ini tidak dipungut biaya dan merupakan salah satu program perpustakaan untuk meningkatkan kemampuan literasi mahasiswa dalam memanfaatkan sumber informasi yang tersedia di perpustakaan.

Harapan pustakawan, kegiatan ini dapat memberikan banyak manfaat bagi peserta setelah mengikuti kegiatan literasi informasi tersebut, diantaranya peserta dapat mencari artikel pada jurnal dengan tepat, peserta dapat menggunakan aplikasi mendeley untuk membantu tugas-tugas mereka dan peserta dapat memaksimalkan layanan yang ada di perpustakaan utamanya layanan e-book maupun e-resources.