Sosialisasi RAMA dan ANJANI Kemenristekdikti

 

Selasa sampai Rabu, 22-23 Oktober 2017 Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember mengikuti kegiatan “Sosialisasi RAMA Repository dan ANJANI” yang diselenggarakan oleh Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti bekerja sama dengan Universitas Surabaya (Ubaya), bertempat di Novotel Samator Surabaya. Adapun peserta dalam kegiatan tersebut adalah dari universitas-universitas dalam lingkup naungan LLDKTI wilayah VII. Tujuan dari sosialisasi tersebut adalah meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi ilmiah beretika, berintegritas di lingkungan civitas akademika.

Sosialisasi dipaparkan langsung oleh tim pengembang dari RAMA Repository dan ANJANI. RAMA Repository (Repositori Tugas Akhir Mahasiswa) adalah repositori nasional laporan hasil penelitian baik berupa skripsi, tugas akhir, proyek mahasiswa (diploma), tesis (S2), disertasi (S3) diintegrasikan dari Repositori Perguruan Tinggi. Sedangkan ANJANI adalah portal yang disiapkan oleh Kemenristekdikti sebagai amanat dari Permenristekdikti nomor tentang integritas akademik untuk melakukan promosi dalam Pembianaan, Evaluasi dan Pengukuran, Klasifikasi dan Pelanggaran serta sanksi yang diberikan untuk pelanggar integritas akademika. Dalam ANJANI terdapat suatu sarana perangkat lunak untuk mendeteksi kesamaan karya ilmiah sehingga tingkat plagiarisme dapat diukur.

Kemudian dalam acara sosialisasi acara tersebut para peserta diperkenalkan mengenai fungsi dan fitur serta syarat dan kebijkan yang terdapat di RAMA Repository dan ANJANI. Untuk institusi yang belum terintegrasi dengan RAMA Repository juga dipandu untuk melakukan integrasi dan standarisasi sehingga ke depannya file mahasiswa dapat tercrawling oleh RAMA Repository





banner