Grit: Kekuatan Passion +

Judul Buku : Grit: Kekuatan Passion +

Penulis : Angela Duckworth

Tahun Terbit : 2022

Resensi dari : 20210017 / Fitriana Dina Rizkina

 

"Grit: Kekuatan Passion +" oleh Angela Duckworth adalah eksplorasi mendalam tentang faktor yang lebih penting daripada kecerdasan dalam mencapai kesuksesan jangka panjang. Penulis, seorang psikolog, mengajak pembaca untuk merenung tentang konsep "grit," yang mengacu pada kombinasi semangat, ketekunan, dan hasrat yang kuat dalam mencapai tujuan.

Duckworth menggunakan penelitian ilmiah dan kisah nyata untuk menunjukkan bahwa kegigihan (grit) dapat menjadi faktor penentu dalam mencapai prestasi yang luar biasa. Ia juga membahas bagaimana orang dapat mengembangkan dan memperkuat grit mereka sendiri melalui praktek dan ketekunan.

Salah satu pesan kunci dalam buku ini adalah bahwa keberhasilan seringkali bukan hasil dari bakat alamiah, melainkan kerja keras, tekad, dan ketekunan yang berkelanjutan. Angela Duckworth mengilustrasikan bahwa dengan memiliki tujuan yang jelas, berlatih secara teratur, dan tidak menyerah pada hambatan, siapa pun dapat mencapai prestasi yang besar.

Buku ini juga membahas peran orang tua, pendidik, dan lingkungan dalam mendukung perkembangan grit pada individu. Duckworth menekankan pentingnya memberikan kesempatan dan dukungan kepada orang lain untuk mengembangkan grit mereka sendiri.

"Grit: Kekuatan Passion +" adalah buku yang memberikan wawasan mendalam tentang faktor yang mengantarkan seseorang pada kesuksesan jangka panjang. Angela Duckworth menghadirkan bukti-bukti kuat dan inspirasi bagi mereka yang ingin mencapai prestasi lebih besar dalam hidup mereka dengan semangat dan ketekunan. Buku ini cocok untuk siapa saja yang mencari motivasi untuk mengembangkan kegigihan dan mencapai tujuan mereka.