perpustakaanperpustakaanperpustakaan

  • Profil
    • PROFIL PERPUSTAKAAN
    • STRUKTUR & STAFF
  • LAYANAN
    • KELAS LITERASI
    • PENCARIAN SUMBER REFERENSI
    • TANDA TERIMA DOKUMEN
    • USULAN BUKU
    • CEK TURNITIN
    • BEBAS PUSTAKA
    • LAYANAN LAINNYA
    • SISLIVI
    • DUKUNGAN PENELITIAN
  • Panduan
    • TATA TERTIB & KEANGGOTAAN
    • FAQ & TOPIK BANTUAN
    • PANDUAN PERPUSTAKAAN
    • REPOSITORY
      • MAHASISWA
      • DOSEN
    • PENYERAHAN TUGAS AKHIR
  • Kontak
  • English

Layanan

08 Jul,2020
Layanan

Pojok Statistik

Pojok Statistik ialah layanan kolaborasi antara Badan Pusat Statistik dengan Universitas Muhammadiyah Jember. Yang mana dalam Pojok Statistik ini dapat dimanfaatkan oleh civitas academica sebagai sarana belajar, berdiskusi, dan penelitian guna meningkatkan inovasi yang berdampak pada kemajuan pembangunan daerah dan juga bangsa.

08 Jul,2020
Layanan

Bank Indonesia Corner

BI Corner merupakan salah satu fasilitas yang ada di perpustakaan Unmuh Jember, merupakan bentuk kerjasama Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember. BI Corner menyediakan ruang diskusi dan membaca yang dilengkapi dengan dokumen-dokumen terbitan Bank Indonesia seperti Statistik Ekonomi Keuangan Daerah, Statistik Keuangan Indonesia, Buletin Ekonomi dan Moneter baik dalam bentuk cetak maupun softfile.

07 Feb,2020
Layanan

Layanan Koleksi Karya Ilmiah

Layanan Karya Ilmiah adalah layanan yang menyediakan koleksi hasil karya tulisan ilmiah berupa tugas akhir, skripsi, tesis, laporan penelitian dan laporan pengabdian masyarakat baik cetak maupun non-cetak. Layanan ini dapat digunakan oleh pemustaka sebagai bahan rujukan untuk menulis karya ilmiah baik melakukan pengembangan penelitian yang sudah ada atau melakukan penelitian baru. Koleksi ini hanya dapat diakses di perpustakaan atau tidak diperkenankan untuk dibawa pulang. Koleksi TA/Skripsi/Tesis boleh difotokopi hanya bab 1 dan daftar pustaka saja, sedangkan koleksi laporan penelitian dan laporan pengabdian dapat difotokopi secara keseluruhan. Sedangkan koleksi softcopy karya ilmiah dapat diakses di komputer perpustakaan atau melalui alamat web http://repository.unmuhjember.ac.id/

07 Jul,2016
Layanan

Layanan Referensi

Perpustakaan Unmuh Jember menyediakan jasa layanan referensi yang menyajikan koleksi khusus referensi seperti kamus, ensiklopedia, biografi, buku panduan, statistik, direktori, dan lain sebagainya. Pustakawan juga akan membantu pemustaka dalam mencari informasi atau keterangan-keterangan yang dibutuhkan dengan bantuan koleksi referensi yang tersedia. Layanan referensi ini bertujuan untuk:

  1. Membantu pemustaka menemukan informasi dengan cepat dan tepat
  2. Membantu pemustaka mencari informasi melalui sumber yang lebih luas
  3. Membantu pemustaka memanfaatkan koleksi referensi secara tepat guna
07 Jul,2016
Layanan

Layanan Penelusuran Informasi

Membantu pemustaka dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan, baik dalam penelusuran melalui katalog online (OPAC), katalog manual, repository, dan e-resources.

07 Jul,2016
Layanan

Layanan Koleksi Terbitan Berkala

Menyediakan berbagai macam koleksi periodikal, diantaranya:

Jurnal ilmiah : Menyediakan beragam judul jurnal nasional dan internasional baik dalam bentuk tercetak dan elektronik di setiap program studi.
Majalah ilmiah dan populer : Menyediakan koleksi majalah ilmiah seperti Medika, Konstitusi, Trubus, Komisi Yudisial, maupun majalah populer seperti Asri, Tempo, Walida, Matan, dll.
Buletin dan Koran : Menyediakan koleksi berbagai judul buletin dan koran seperti Parlementaria, Jawa Pos, The Jakarta Post, Kompas, dll.

 

07 Jul,2016
Layanan

Layanan Ruang Baca

Layanan ruang baca Perpustakaan UM Jember terdiri dari ruang yang dilengkapi dengan meja dan kursi duduk; karpet dan meja lesehan; bean bag. Ruang baca terbagi ke dalam beberapa ruangan, diantaranya:

  1. Ruang Baca Umum
  2. Ruang Referensi
  3. Ruang Skripsi/Tesis
  4. BI Corner
  5. BPS Corner
  6. Muhammadiyah Corner
  7. Kids Corner
  8. Ruang Baca Senyap
Layanan

Layanan Sirkulasi

Layanan sirkulasi adalah layanan yang diberikan kepada para pengguna untuk memperoleh pinjaman bahan pustaka dan penyelesaian administrasinya. Koleksi yang dapat dipinjam pemustaka adalah seluruh koleksi kecuali koleksi referensi, skripsi/tesis dan terbitan berkala. Koleksi referensi, skripsi/tesis dan terbitan berkala hanya dapat dibaca di dalam ruang perpustakaan, apabila pemustaka membutuhkan informasi di dalamnya, diperkenankan untuk fotokopi pada halaman yang dibutuhkan. Sejak tahun 2007 layanan sirkulasi UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember sudah berbasis otomasi, semua transaksi peminjaman, pengembalian dan perpanjangan dilakukan dengan memanfaatkan teknologi otomasi dan komputerisasi, sehingga layanan sirkulasi dapat dilakukan dengan cepat dan tepat. Layanan sirkulasi diberikan kepada seluruh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Jember. Khusus untuk mahasiswa diwajibkan menggunanakan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) apabila hendak melakukan transaksi perpustakaan. Adapun rincian peminjaman yang dapat dilakukan oleh civitas akademika adalah sebagai berikut:

  1. Dosen dan karyawan maksimal pinjam 4 eksemplar selama 2 minggu.
  2. Mahasiswa maksimal pinjam 2 eksemplar selama 2 minggu. Khusus bagi mahasiswa yang sedang menempuh skripsi/tesis diperbolehkan meminjam bahan pustaka maksimal 4 eksemplar selama 2 minggu.

Proses Peminjaman

  1. Pemustaka menyerahkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan koleksi yang hendak dipinjam ke petugas peminjaman
  2. Petugas peminjaman akan mengecek identitas pemustaka dan memproses transaksi peminjaman
  3. Pemustaka akan mendapat invoice transaksi peminjaman yang berisi rincian koleksi yang dipinjam serta informasi tanggal pengembalian koleksi. Serta pemustaka dapat melihat detail peminjaman secara online melalui akun SIA.

Proses Pengembalian dan Perpanjangan

Pengembalian pinjaman harus tepat pada waktunya sesuai batas tanggal yang tertera pada kartu buku dan invoice transaksi peminjaman. Perpanjangan bahan pustaka hanya dapat dilakukan satu kali, dengan syarat:

  1. Buku yang hendak diperpanjang oleh peminjam harus dibawa dan ditunjukkan ke petugas perpustakaan untuk diselesaikan administrasinya.
  2. Peminjam harus datang sendiri ke perpustakaan dengan menunjukkan kartu anggota perpustakaan atau Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).
  3. Apabila terjadi keterlambatan pemustaka wajib membayar denda sesuai data yang tercantum pada sistem.
  4. Setelah proses pengembalian selesai, pemustaka harus memastikan telah menerima bukti pengembalian dari petugas sebagai bukti telah menegembalikan buku yang telah dipinjam.
06 Jul,2016
Layanan

Layanan Informasi dan Administrasi

Layanan informasi dan administrasi perpustakaan berada pada bagian front office. Layanan informasi memberikan kemudahan bagi pemustaka untuk mendapatkan informasi seputar perpustakaan dan sebagai sarana perpustakaan untuk berhubungan dengan pemustaka. Layanan informasi offline akan dilayani oleh petugas front office, sedangkan secara online pemustaka dapat menghubungi pustakawan melalui kontak official perpustakaan yang tertera di website. Disamping itu perpustakaan selalu memberikan informasi terkini melalui akun media sosial official perpustakaan, yaitu melalui instagram library.unmuhjember.

Sedangkan layanan administrasi akan membantu pemustaka dalam hal:

  1. Surat-menyurat
  2. Penyerahan bendel dan VCD tugas akhir/skripsi/tesis
  3. Pemesanan ruang diskusi atau ruang pertemuan
  4. Informasi lain terkait keperluan dengan perpustakaan
© Copyright Perpustakaan.unmuhjember.ac.id 2025. Design & Development by UPTPUSDASI
  • Profil
    • PROFIL PERPUSTAKAAN
    • STRUKTUR & STAFF
  • LAYANAN
    • KELAS LITERASI
    • PENCARIAN SUMBER REFERENSI
    • TANDA TERIMA DOKUMEN
    • USULAN BUKU
    • CEK TURNITIN
    • BEBAS PUSTAKA
    • LAYANAN LAINNYA
    • SISLIVI
    • DUKUNGAN PENELITIAN
  • Panduan
    • TATA TERTIB & KEANGGOTAAN
    • FAQ & TOPIK BANTUAN
    • PANDUAN PERPUSTAKAAN
    • REPOSITORY
      • MAHASISWA
      • DOSEN
    • PENYERAHAN TUGAS AKHIR
  • Kontak
  • English

Main menu en-GB

  • Home
  • PROFILE
  • STRUCTURE AND STAFF