BIBLIOGRAPHIC TOOLS

Bibliographic tools Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember merupakan alat bantu untuk membantu pengguna dalam mengelola referensi dan sumber informasi. Melalui fitur ini, pengguna dapat dengan mudah mencari, menyimpan, dan mengatur sumber referensi atau sumber informasi lainnya guna kebutuhan penelitian, tugas akhir, atau lainnya. Alat bantu ini menyediakan akses ke berbagai alat bibliografi yang dapat membantu pengguna dalam membuat daftar kutipan, daftar pustaka, dan mengelola referensi mereka sesuai dengan standar penulisan ilmiah yang berlaku.

1. Mendeley
Mendeley merupakan perangkat lunak komputer yang dikembangkan Elsevier untuk mengelola dan berbagi konten penelitian. Mendeley berfungsi sebagai alat bantu penyusunan sitasi dan referensi otomatis sesuai dengan style pengutipan yang diinginkan. Selain itu, mendeley juga memiliki fitur tambahan berupa kolaborasi dengan penulis lain secara virtual, web importer sehingga dapat melakukan penambahan file atau metadata penelitian tanpa harus melakukan unduh file, dan tersinkronisasi secara online sehingga dapat diakses di banyak perangkat lain. Selain versi perangkat lunak, Mendeley juga memiliki versi website.

2. Panduan format sitasi untuk publikasi
Perangkat lunak manajer referensi seperti Mendeley dan Zotero sangat memudahkan seseorang dalam menyusun sitasi dan daftar pustaka. Akan tetapi ada kalanya perangkat lunak ini tidak dapat dimanfaatkan karena perangkat yang tidak mendukung atau peraturan instansi yang mengharuskan penyusunan sitasi dan daftar pustaka disusun secara manual. Pada saat menyusun sitasi dan referensi secara manual anda perlu mengetahui panduan yang telah ditetapkan karena masing-masing gaya referensi memiliki format penulisan yang berbeda-beda. Anda dapat melihat perbedaan masing-masing format penulisan gaya referensi yang sering digunakan dalam penulisan karya ilmiah seperti American Psychological Association (APA). Turabian, Harvard, IEEE dan lain sebagainya pada link di bawah.