RESEARCH TOOLS

Research Tools Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember adalah kumpulan alat dan sumber daya yang disediakan oleh perpustakaan untuk mendukung kegiatan riset dan penelitian di Universitas Muhammadiyah Jember. Dengan koleksi ini, pengguna dapat mengakses alat bantu riset yang dapat membantu dalam menemukan, mengakses, dan menganalisis informasi secara efisien.

Publish or Perish (PoP) dirancang untuk membantu individu ataupun akademisi untuk mencari dan menganalisis sumber informasi yang dibutuhkan. Selain itu, PoP (Publish or Perish) juga dapat membantu menyeleksi artikel-artikel di database online sesuai dengan kualitas artikel tersebut.

VOSviewer merupakan perangkat lunak yang berguna untuk memvisualisasikan hubungan antara elemen data bibliometrik seperti kata kunci, judul penelitian, atau subjek penelitian. Tujuan visualisasi data bibliometrik adalah mengidentifikasi tren, pola atau relasi penting antara penulis, kata kunci, atau topik penelitian sehingga dapat membantu penyusunan gagasan, kesimpulan, atau mengeksplorasi area penelitian baru yang mungkin menarik untuk dijelajahi. VOSviewer akan membantu peneliti untuk melihat adanya gap atau kebaruan topik penelitian, mengembangkan topik penelitian terhadap variabel tertentu yang masih sedikit diteliti, atau melihat kejenuhan topik penelitian.

Scimago Journal Rank (SJR) (https://www.scimagojr.com/
Scimago Journal Rank (SJR) merupakan portal yang memuat informasi peringkat jurnal internasional terindeks Scopus yang dikembangkan dari informasi yang tersimpan dalam database Scopus. Peringkat jurnal internasional terindeks Scopus disebut Quartile (Q) yang dibagi menjadi 4 peringkat yaitu Q1, Q2, Q3 dan Q4. Q1 merupakan jurnal dengan kualitas tertinggi, diikuti dengan Q2 hingga Q4. Pemeringkatan ini dilakukan pada masing-masing subjek jurnal. 

Science and Technology Index (Sinta) (https://sinta.kemdikbud.go.id/
Science and Technology Index (Sinta) merupakan portal yang memuat informasi indeks jurnal nasional yang dikelola oleh Kemendikbud Republik Indonesia.Sinta membagi kategori tingkatan jurnal ke dalam 6 kategori; sinta 1, sinta 2, sinta 3, sinta 4, sinta 5 dan sinta 6. Pembagian kategori ini berdasarkan dari peringkat akreditasi sebuah jurnal.

Turnitin
Turnitin merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mendeteksi plagiarisme dalam naskah akademik seperti artikel jurnal, prosiding, tugas akhir dan lain sebagainya. Cara kerjanya dengan membandingkan naskah yang diunggah dengan naskah yang telah diunggah di internet, artikel jurnal, penelitian, dan tugas akhir dari database Turnitin dan repository universitas. Masing-masing instansi biasanya memiliki batas maksimal plagiasi, naskah yang masuk dalam kriteria tersebut dapat dipertimbangkan untuk dipublikasikan.
Universitas Muhammadiyah Jember telah memberlakukan batas maksimal plagiasi untuk karya akademik dan menyediakan layanan pengecekan plagiasi menggunakan Turnitin. Mahasiswa, dosen, dan tendik dapat memanfaatkan layanan tersebut untuk mendukung pencegahan tindakan plagiasi dan lingkungan akademis yang adil beretika. Informasi Layanan Turnitin dapat diakses di sini (https://perpustakaan.unmuhjember.ac.id/id/layanan/cek-turnitin.html).

Repository
Repository institusi merupakan sebuah platform yang digunakan untuk mengarsipkan sekaligus mendiseminasikan seluruh publikasi lokal konten Universitas Muhammadiyah Jember. Publikasi dapat berupa tugas akhir, hasil penelitian, pengabdian dan publikasi artikel.
Seluruh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember diwajibkan untuk mengunggah tugas akhir mereka di Repository Unmuh Jember sebagai arsip. Unggah tugas akhir di repository diwajibkan sebagai salah satu syarat memperoleh Lembar Bebas Pustaka yang digunakan untuk melakukan pendaftar wisuda. Informasi lengkap mengenai proses unggah mandiri repository dapat diakses di sini (http://repository.unmuhjember.ac.id/mahasiswa.html).