Pengertian Perpustakaan

Pengertian perpustakaan sebenarnya sudah dikenal cukup lama, sejak ditemukannya bahan dan cara untuk menulis pada zaman babilonia, maka sejak itu pola embrio istilah perpustakaan mulai muncul. Namun demikian yang dimaksud perpustakaan pada zaman itu tentu saja tidak sama dengan istilah perpustakaan yang dikenal pada masa kini. Perkembangan pengetahuan perpustakaan itu tidak terjadi sesaat tetapi berubah secara berangsur-angsur sejajar dengan perjalanan sejarah. Beberapa batasan atau pengertian perpustakaan adalah sebagai berikut:

  1. Perpustakaan adalah suatu tempat, gedung/ruang untuk menyimpan dan memakai koleksi buku dan bahan bacaan lainnya.
  2. Perpustakaan adalah kumpulan buku naskah dan bahan bacaan lainnya untuk kepentingan belajar atau membaca, hiburan atau hal yang menyenangkan.
  3. Perpustakaan adalah unit kerja tempat penyimpanan bahan pustaka yang tercetak dan terekam yang dikelola dan disusun secara sistematis menurut system tertentu untuk digunakan oleh pemakainya sebagai sumber informasi.
  4. Perpustakaan adalah suatu unit kerja yang merupakan bagian terpadu dari system lembaga yang berlaku dan mempunyai ruang koleksi dan tenaga pengelola yang professional menurut standar, serta berfungsi sebagai pusat sumber kegiatan pendidikan, tempat mengembangkan minat, kemampuan dan kebiasaan membaca, tempat penelitian dan rekreasi sehat.

Kontak Kami

Address :

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax :

(0331)336728 | 337957

Email :

perpustakaan@unmuhjember.ac.id