Latar Belakang

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember merupakan unit kerja yang ikut menunjang kemajuan dalam perkembangan lembaga induknya, karena dapat digunakan untuk mengukur tingkat kemajuan dan perkembangan Universitas.

  1. UU No.2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) Bab VIII Pasal 35, “Setiap satuan pendidikan, jalur pendidikan sekolah, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun masyarakat harus menyediakan sumber belajar yang amat penting tapi bukan satu-satunya adalah perpustakaan.
  2. Perpustakaan dapat memperluas dan menghidupkan pengajaran guru, dan memberikan kemungkinan kepada siswa memburu informasi secara kritis. Menjaring dan mengolah informasi yang mereka terima, dengan kata lain, pendidikan yang tepat guna dapat berhasil guna adalah pendidikan yang melibatkan siswa dalam proses berpikir, mencari, menemukan, mengolah dan menyimpulkan sendiri melalui sumber belajar yang tersedia, yaitu salah satunya adalah perpustakaan.

Mencermati penjelasan UU No. 2 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional, khususnya pasal 35 ayat 1, standar sarana dan prasarana pendidikan mencakup ruang belajar, tempat olah raga, tempat ibadah, perpustakaan, laboratorium, bengkel kerja, tempat bermain, tempat rekrasi dan berkreasi, dan sumber belajar lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran, termasuk penggunaan tekhnologi informasi dan komunikasi, oleh karena itu perpustakaan harus ditingkatkan dan dikembangkan mutunya serta perannya untuk menunjang pelaksanaan kurikulum.

Kontak Kami

Address :

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax :

(0331)336728 | 337957

Email :

perpustakaan@unmuhjember.ac.id