Monitoring dan Evaluasi E-Jurnal

Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual telah melanggankan sejumlah koleksi jurnal elektronik (e-journal) untuk dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Untuk mengetahui kebermanfaatan e-journal tersebut, diadakanlah monitoring dan evaluasi (monev) pemanfaatan e-journal pada hari Kamis, 8 November 2018 yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Jember. Peserta monev pemanfaatan e-journal  tersebut selain dari Universitas Muhammadiyah Jember sendiri juga diikuti oleh Politeknik Negeri Jember, IKIP PGRI Jember, Universitas Islam Jember, Universitas Moch Sroedji, dan STIKES Dr. Soebandi Jember.

Acara dalam monev meliputi penjelesan dan pengisian borang monev, referensi primer pada tugas akhir mahasiswa, dan kebijakan perguruan tinggi dalam pemanfaatan database e-journal. Setelah dievaluasi, dari 6 universitas ada beberapa yang belum sesuai dengan standar penulisan yang telah ditetapkan sehingga perlu diadakan perbaikan dan mengadakan pelatihan penulisan (missal: penulisan daftar rujukan dan cara mengutip). Selain itu, setiap instansi diharapkan dapat membuat panduan penulisan karya ilmiah yang dapat dijadikan pedoman paten pada instansi tersebut, sehingga penulisan pada setiap instansi dapat seragam.

Tingkat keterpakaian e-journal­ masih belum maksimal, sehingga perlu mandapat perhatian yang lebih baik lagi. Keberadaan e-journal  sangat bermanfaat sebagai sumber referensi dalam penulisan karya ilmiah dan penelitian. Untuk menjadikan penulisan karya ilmiah lebih akurat dan berkualitas, perlu diadakan sosialisasi dan panduan penggunaan e-journal kepada civitas akademika. Dengan demikian diharapkan tingkat keterpakaian e-journal lebih meningkat lagi.

 

*)Bagi yang belum mengetahui dan untuk mendapatkan ID Login dan Password dapat menghubungi pustakawan Universitas Muhammadiyah Jember.

Kontak Kami

Address :

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax :

(0331)336728 | 337957

Email :

perpustakaan@unmuhjember.ac.id