Sabtu, 22 September 2018 UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember bersama Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember menggelar bedah buku dengan judul Welcome Retirement. Acara yang digelar di Aula Akademi Pariwisata Universitas Muhammadiyah Jember tersebut turut menghadirkan langsung penulisnya, Rita Audriyanti. Ibu kelahiran Solok, Sumatera Barat yang kini menetap di Kuala Lumpur Malaysia ini sebelumnya adalah pengajar di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Salah satu alasan memilih dan menghadirkan beliau adalah karena tulisan-tulisannya banyak dimuat di beberapa media masa, seperti Panji Masyarakat, Kompas, dan Majalah Penerbangan, Colours Garuda. Bahkan dua buah karya fiksinya ikut dalam Ruang Fiksi Radio Republik Indonesia siaran Luar Negeri, The Voice of Indonesia (VOI). Dengan harapan ibu Rita dapat menularkan semangat menulisnya kepada civitas akademika Universitas Muhammadiyah Jember.

Sesuai dengan judul buku yang ia tulis, dalam acara tersebut Ibu Rita menyampaikan bahwa masa pensiun merupakan sebuah tantangan. Tantangan terbesarnya tentu mengenai finansial. Bagaimana memanage financial yang jumlahnya tak lagi sama ketika sebelum masa pensiun. Masalah lain yang timbul setelah masa pensiun ialah banyak orang yang lost power syndrome atau lupa diri kalau seseorang sudah tidak punya jabatan namun masih merasa punya kuasa. Tentu antisipasi untuk menghadapi masalah-masalah seperti itu ketika masa pensiun nanti amatlah penting. Untuk itu Ibu Rita menjelaskan, bahwa bukunya Welcome Retirement bukan hanya di tujukan untuk orang-orang yang sudah pensiun atau yang telah mendekati masa pensiun, namun juga untuk anak-anak muda, alasannya adalah banyak orang-orang yang berhenti dari karirnya ketika masih dalam usia produktif, ia mencontohkan atlit sepak bola yang gantung sepatu dini karena cidera atau karyawan yang terkena PHK oleh perusahaannya

 

Ibu Rita juga menggaris bawahi, bahwa dalam tantangan-tantangan masa pensiun ialah tetap harus berusaha bahagia. Salah satu bentuk kegiatan yang bisa membuat bahagia ialah menulis. Ibu Rita beranggapan bahwa menulis adalah sebuah terapi. Dengan menulis permasalahan-permasalahan akan tercurahkan. Bisa jadi menulis merupakan sebuah media untuk mencurahkan segala sesuatu yang ada dalam hati. Untuk itu, Ibu Rita memberi contoh bahwa dari salah satu buku karyanya, Haji Cowboy merupakan sebuah pengalamannya ketika tinggal di Saudi Arabia, yang mana menceritakan tentang kebiasaan Haji orang Indonesia yang tinggal disana. Kemudian buku Welcome Retirement, yaitu sebuah pengalamannya ketika tak lagi aktif mengajar di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Kemudian ia menerangkan, dari karya-karya dan aktivitas menulisnya tersebut bahwa aktivitas menulis dapat di lakukan dari sebuah ide  yang sederhana, misalnya  hal-hal atau pengalaman dalam keseharian. Kemudian ia juga memberi tips untuk penulis baru yang belum punya kepercayaan diri akan tulisannya, yaitu dengan cara ikut komunitas (penulis) dan menulis dalam bentuk antology.

Revolusi teknologi informasi mendorong setiap individu melakukan perubahan dinamis dalam hal inovasi dan kemajuan institusi, dan evolusi dalam disiplin ilmiah praktis. Hal tersebut yang melahirkan apa yang disebut dengan Institutional Repository yang di prakarsai oleh MIT (Massachusetts Institute of Technology) bekerjasama dengan the Hewlett Packard Corporation. Institutional Repository ialah karya ilmiah yang dihasilkan sivitas akademika seperti Tugas Akhir, Tesis, Disertasi, Artikel Ilmiah, Laporan Penelitian, Prosiding seminar dan lainnya yang semula hanya dapat diakses secara terbatas (waktu, area dan tempat), menjadi tak terbatas dengan adanya sotware repository dan jaringan internet. Manfaat dari adanya Repository Institutional tersebut ialah koleksi menjadi ringkas karena dalam bentuk digital, sehingga tidak memerlukan ruangan yang luas sebagaimana dalam penyimpanan koleksi tercetak. Hal itulah yang mendorong Universitas Muhammadiyah Jember untuk turut mengembangkan Repository Institutional guna menghimpun dan menyebar luaskan karya ilmiah yang dihasilkan oleh sivitas akademikanya.

Repository Universitas Muhammadiyah Jember dapat diakses di : 

 

 

Pustakawan Universitas Muhammaiyah Jember atas nama Mufiedah Nur S.Sos.,M.Si  terpilih sebagai Juara I Pemilihan Pustakwan berprestasi atau yang lebih dikenal dengan Indonesian Academic Librarian Award (IALA) tingkat Jawa Timur yang diadakan FPPTI  pada akhir agustus 2017 lalu. Prestasi ini membawa pustakawan Unmuh Jember   mewakili FPPTI Jatim sebagai peserta Indonesian Academic Librarian Award yang dilaksakan di IPC Corporate Ciawi Bogor pada tanggal 18 -20 September 2017. 

Dalam kegiatan ini pustakawan Unmuh Jember meraih Runner Up untuk kategori perpustakaan berprestasi. Pemilihan Indonesian Academic Librarian Award dilaksanakan setiap tahun berbarengan dengan kegiatan semiloka tahunan FPPTI yang berkolaborasi dengan beberapa organisasi kepustakawanan lainnya. 

Perpustakaan  memiliki  peran  dan  fungsi  strategis  dalam mendukung pengembangan pendidikan diberbagai jenjang. Perpustakaan  perguruan  tinggi,  khususnya,  berperan  dalam mendukung Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sebagaimana Undang-Undang RI nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan mendefinisikan perpustakaan sebagai institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka.

Dengan peran dan fungsi strategis tersebut sudah selayaknya perhatian terhadap perpustakaan harus semakin ditingkatkan. Produk hukum yang mendukung terhadap pengembangan perpustakaan telah lama disusun. Dalam Undang-Undang RI Nomor 43 tahun 2007 Bab III pasal 11 menuntut adanya standar nasional perpustakaan. Standar tersebut merupakan acuan penyelenggaraan, pengelolaan dan pengembangan perpustakaan. Suatu bentuk formal pengakuan terhadap pemenuhan standar tersebut yaitu dengan pelaksanaan akreditasi perpustakaan. Akreditasi perpustakaaan bertujuan untuk memperbaiki perpustakaan yang diakreditasi sehingga bermanfaat untuk membangun kualitas perpustakaan. Sesuai amanat UU RI No 43 tahun 2007 dan PP No 24 tahun 2014, Perpustakaan    Nasional    telah    membentuk    Lembaga    Akreditasi Perpustakaan Nasional (LAP-N). Sertifikat terakreditasi dapat diperoleh suatu perpustakaan berdasarkan jumlah nilai tertimbang dari komponen komponen layanan, kerjasama, koleksi, pengorganisasian materi perpustakaan, sumber daya manusia,   gedung   /   ruang   dan   sarana   prasarana,   anggaran,   manajemen perpustakaan dan perawatan keoleksi perpustakaan.

Mulai Tanggal 19 Mei 2017, dengan Nomor 00021/LAP.PT/V.2017 Perpustakaan Unmuh Jember telah menunjukan kesesuaian terhadap standar nasional perpustakaan dengan nilai Predikat A. Dengan hasil akreditasi tersebut diharapkan : 1) membangun atau meningkatkan kualitas perpustakaan; 2) menentukan derajat pemenuhan standar perpustakaan; 3) memotivasi pustakawan untuk membangun perpustakaan ke jenjang yang labih baik dan profesional; 4) mengangkat citra perpustakaan; 5) meningkatkan pengakuan terhadap kinerja perpustakaan; 6) memberikan sarana perpustakaan untuk memperjuangkan anggaran.

Dengan hasil akreditasi tersebut merupakan sebuah gambaran terhadap pemenuhan standar yang telah di jalankan di perpustakaan Unmuh Jember. Semoga dengan pencapaian tersebut haruslah menjadi sebuah daya dorong untuk kemujuan perpustakaan. Hasil tersebut harus dipertahankan bahkan terus  ditingkakan sehingga secara substansial terjadi peningkatan kualitas perpustakaan. Akreditasi sebagai sebuah tolok ukur sedangkan pelayanan perpustakaan yang merupakan substansi tugas dan tanggung jawab harus terus ditingkatkan.

Sertifikat Akreditasi Perpustakaan Unmuh Jember

 

Perpustakaan Unmuh Jember telah menggelar acara Sayembara Karya Cipta Puisi dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional tanggal 17 Mei. Hari ini telah diumumkan pemenang 3 terbaik dari 52 partisipan semua prodi peserta sayembara yang telah disaring oleh juri yang kompeten dibidangnya yaitu Bapak Iman Suligi dosen FKIP PAUD Unmuh Jember serta pengelola Kampoeng Batja Jember dan Ibu Dina Merdeka Citraningrum dosen FKIP Bahasa dan Sastra Indonesia Unmuh Jember. Pemenang terbaik pertama diraih oleh Nurmala Mamang, mahasiswa FKIP prodi Bahasa dan Sastra Indonesia. Terbaik kedua diraih oleh Intan Rahayu, mahasiswa FKIP prodi Bahasa dan Sastra Indonesia. Terbaik ketiga diraih oleh Mustofa, mahasiswa Prodi Psikologi.

Page 1 of 2

Kontak Kami

Address :

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax :

(0331)336728 | 337957

Email :

perpustakaan@unmuhjember.ac.id