Profil Perpustakaan

Image

Sejarah Singkat

Sejarah terbentuknya UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember tidak dapat dipisahkan dengan sejarah berdirinya Universitas Muhammadiyah Jemberpada tahun 1981. Sejak awal berdiri, UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember merupakan perpustakaan pusat yang menjadi pendukung Catur Dharma Perguruan Tinggi.

IDENTITAS PERPUSTAKAAN

NPP : 3509212D2019962
Nama Perpustakaan : UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember
Nama Yayasan : Muhammadiyah
Alamat : Jl. Karimata no. 49 Sumbersari Kabupaten Jember
No. Telp/ HP : (0331) 336728/ 081338798154
Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Situs Web : perpustakaan.unmuhjember.ac.id
Status Kelembagaan : Swasta
SK Pendirian : 155/BPH/II.3.AU/KEPS/2018
Tahun Berdiri : 1981
Nama Ka. Perpustakaan : Berlian Eka Kurnia, S.IIP., M.A
Nama Rektor : Dr. Hanafi, M.Pd.

Akreditasi
UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember menunjukan kesesuaian terhadap Standar Nasional Perpustakaan dengan nilai predikat "Akreditasi A"





Latar Belakang Perpustakaan

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember merupakan unit kerja yang ikut menunjang kemajuan dalam perkembangan lembaga induknya, karena dapat digunakan untuk mengukur tingkat kemajuan dan perkembangan Universitas.
  1. UU No.2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) Bab VIII Pasal 35, “Setiap satuan pendidikan, jalur pendidikan sekolah, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun masyarakat harus menyediakan sumber belajar yang amat penting tapi bukan satu-satunya adalah perpustakaan.
  2. Perpustakaan dapat memperluas dan menghidupkan pengajaran guru, dan memberikan kemungkinan kepada siswa memburu informasi secara kritis. Menjaring dan mengolah informasi yang mereka terima, dengan kata lain, pendidikan yang tepat guna dapat berhasil guna adalah pendidikan yang melibatkan siswa dalam proses berpikir, mencari, menemukan, mengolah dan menyimpulkan sendiri melalui sumber belajar yang tersedia, yaitu salah satunya adalah perpustakaan.
Mencermati penjelasan UU No. 2 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional, khususnya pasal 35 ayat 1, standar sarana dan prasarana pendidikan mencakup ruang belajar, tempat olah raga, tempat ibadah, perpustakaan, laboratorium, bengkel kerja, tempat bermain, tempat rekrasi dan berkreasi, dan sumber belajar lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran, termasuk penggunaan tekhnologi informasi dan komunikasi, oleh karena itu perpustakaan harus ditingkatkan dan dikembangkan mutunya serta perannya untuk menunjang pelaksanaan kurikulum.

Visi & Misi Perpustakaan

Visi:

Visi UPT Perpustakaan UM Jember adalah menjadi perpustakaan yang unggul dan handal dalam mendukung kegiatan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat untuk kemajuan ilmu pengetahuan yang berlandaskan nilai-nilai keislaman.

 

Misi:

1. Menyelenggarakan pengelolaan perpustakaan yang sesuai Standar Nasional Perpustakaan

2. Menghimpun, mengolah, menyimpan, melestarikan, menyebarluaskan dan memberdayakan sumber-sumber informasi umum dan karya ilmiah civitas academica

3. Menyediakan fasilitas layanan perpustakaan yang berorientasi kebutuhan pemustaka berbasis teknologi informasi

4. Menyediakan sarana dan prasarana yang representatif, menarik, nyaman dan menyenangkan sebagai pusat kegiatan pendidikan, pengajaran, penelitian dan rekreasi

5. Memberikan pelayanan dengan penuh semangat, komunikatif, ramah dan sopan (excellent service)

6. Menyelenggarakan kerja sama dengan pihak lain yang saling memberi manfaat

Tujuan Perpustakaan

Pendirian perpustakaan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan civitas academica dalam berbagai kepentingan. Penyelenggaraan perpustakaan bertujuan untuk menunjang pelaksanaan program Catur Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat, serta pengembangan dan pengamalan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. 

Fungsi Perpustakaan

Perpustakaan mempunyai fungsi strategis sebagai berikut :

  1. Sarana pendidikan, sebagai salah satu pusat kegiatan belajar mengajar
  2. Sarana informasi dan penelitian, sebagai pusat kegiatan ilmiah bagi ilmu pengetahuan dan teknologi
  3. Sarana kebudayaan, sebagai penyimpanan dan pelestarian produk budaya perguruan tinggi.
  4. Sarana inspirasi, sebagai salah satu pusat penulisan sebuah karangan dan karya ilmiah
  5. Sarana pengembangan kualitas SDM sebagai sarana pendidikan seumur hidup untuk kecerdasan kehidupan masyarkat.
  6. Sarana pengantar perubahan, sebagai tempat pengembangan yang terjadi di masyarakat melalui jasa perpustakaan. Merupakan kekuatan untuk mengubah taraf hidup dan kehidupan yang lebih baik dalam bidang ekonomi, sosial, budaya maupun politik.