Portal Berita

Seminar Internasional dan Pelantikan Pengurus FPPTMA

 

Pada tanggal 3 juni 2021 Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah (FPPTMA) mengadakan Seminar Internasional dan Pelantikan Pengurus FPPTMA dengan judul “Optimizing Library Networking During the Covid Pandemic And the Inauguration of the Management of Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah For the 2021-2025 Period” via Zoom.

Kegiatan ini dibuka dengan pelantikan perngurus FPPTMA oleh Nurhadi Ph.D dari Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Irkhamiyati, S.IP. MIP Ketua Umum FPPTMA, sambutan terakhir diisi oleh Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Setelah pelantikan dan sambutan, kegiatan diisi seminar internasional dengan pembahasan “Optimizing Library Networking During the Covid Pandemic” yang diisi oleh narasumber DR. Carol Mitchell dari Library of Conggress, Hjh Pn Zaharah Abd Samad dari UTHM Library Malaysia, Drs. Lasa Hs. M.Si dari Library of UMY dan Novy Diana Fauzie, S.S. M.A sebagai moderator.

Para narasumber memaparkan gagasan mereka terkait solusi perpustakaan dimasa pandemi. Seperti yang diketahui bahwa banyak perpustakaan diseluruh dunia tutup layanan selama masa pandemic, terdapat beberapa poin penting yang disampaikan oleh para narasumber untuk mengatasi masalah-masalah ini, seperti : menyediakan layanan jarak jauh, mampu bekerja secara optimal selama work form home, mengelola pendekatan yang berbeda ke pemustaka, jaringan dan kerjasama perpustakaan.

Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi salah satu pemecahan masalah disetiap perpustakaan yang terdampak pandemi.