Portal Berita

Kunjungan FPPTI Jawa Timur di Perpustakaan Unmuh Jember

Pada tanggal 27 Maret 2019 UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember menerima tamu dari beberapa anggota FPPTI Jawa Timur.

Kunjungan tersebut dilakukan setelah berakhirnya  acara inti pada Workshop Literasi Informasi,  Antiplagiarisme dan Pemanfaatan Aplikasi Google untuk Menunjang Penelitian Perguruan Tinggi yang diadakan oleh FPPTI Jawa Timur bersama UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember di Hallroom Hotel Bintang Mulia Jember, 26-27 Maret 2019. Setiba di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember para tamu disambut langsung oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Jember. Dalam kesempatan tersebut Rektor Universitas Muhammadiyah Jember memberikan kenang-kenangan kepada FPPTI Jawa Timur sebagai bentuk apresiasi dan terimakasih atas kesediaannya telah berkunjung dan mempercayai Universitas Muhammadiyah Jember sebagai tuan rumah dalam acara tersebut. Melalui sambutannya, Rektor Universitas Muhammadiyah Jember menyampaikan dengan diadakannya acara tersebut diharapkan dapat menyadarkan civitas akademika, khususnya kalangan dosen untuk lebih memperhatikan betapa berbahayanya dampak dari plagiarism. Beliau juga menekankan apabila dosen ketahuan melakukan plagiarisme, maka gelar akademisnya akan dicabut, meskipun yang bersangkutan adalah seorang doktor maupun profesor.

Meskipun dalam paktiknya UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember masih belum bisa dikatakan sempurna, namun tak sedikit dari para tamu yang memuji bahkan menjadikan percontohan untuk diaplikasikan di Perpustakaan masing-masing. Sebagai contoh tamu Pustakawan dari Perpustakaan Universitas Gresik yang sangat antusias dengan keberadaan Ruang Referensi di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember, ia beranggapan bahwa Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember dengan area yang sangat terbatas tapi masih bisa memaksimalkan sudut ruang untuk ruang referensi. Namun ditengah antusiasme para tamu untuk mengulik isi di dalam UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember, mereka harus bergegas kembali ke kendaraan yang telah disediakan untuk melanjutkan trip ke Pusat Penelitian Kopi & Kakau di Renteng Jenggawah. Kunjungan ini merupakan bagian dari library tour dalam rangkaian acara tersebut yang diharapkan dapat terjalin transfer informasi atau inspirasi dalam pengelolaan perpustakaan antar anggota FPPTI Jawa Timur, serta menjadi motivasi bagi UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember maupun perpustakaan perguruan tinggi lain untuk berbenah lebih baik.