Portal Berita

Workshop Literasi Informasi FPPTI

Untuk melatih pustakawan dan pengelola perpustakaan menguasai literasi informasi dalam pencarian informasi yang cepat, tepat dan terpercaya, serta mendukung penulisan karya ilmiah di Perguruan Tinggi,

FPPTI Jawa Timur bekerja sama dengan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember mengadakan "Workshop Literasi Informasi, Antiplagiarisme dan Pemanfaatan Aplikasi Google untuk Menunjang Penelitian di Perguruan Tinggi. Acara tersebut berlangsung selama 2 hari pada tanggal 26-27 Maret 2019 di hallroom Hotel Bintang Mulia Jember yang diikuti oleh kurang lebih 40 peserta. Peserta workshop terdiri dari pustakawan atau pengelola perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan sekolah, perpustakaan khusus, dan pekerja informasi. 

Materi Pelatihan antara lain membahas tentang pengenalan literasi informasi, analisa kebutuhan informasi, penelusuran informasi, evaluasi sumber-sumber informasi, plagiarisme dan pencegahannya, serta pemanfaatan aplikasi Google. Beberapa narasumber yang dihadirkan dalam workshop ini adalah Chandra Pratama Setiawan, S.IIP., MSc. (Universitas Kristen Petra), Kristina, M.IP (STIESIA), Novita Dwi Anawati, S.Sos., M.Sc. (Universitas Airlangga), dan Vincentius Widya Iswara, SS., MA. (Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya). Dengan adanya workshop tersebut diharapkan pustakawan dapat memanfaatkan sumber-sumber informasi secara maksimal dan memberikan informasi dengan tepat dan berkualitas untuk menunjang penelitian dan kebutuhan informasi pengguna perpustakaan. Pada akhir acara diadakan post test untuk mengetahui tingkat penguasaan materi yang telah disampaikan, apakah sudah dapat dipahami dan diterima oleh peserta. Acara ditutup dengan pembagian doorprize dari panitia untuk 3 orang peserta dengan hasil post test tertinggi.