Portal Berita

Sosialisasi Pemanfaatan E-Resources

Pada 22-23 Oktober yang lalu UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember menyelenggarakan sosialisasi pemanfaatan E-Resources kepada sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Jember. 

Kegiatan yang berlangsung dua hari tersebut terbagi dalam dua sesi, yakni hari pertama di khususkan untuk dosen sedangkan hari kedua dikhususkan untuk mahasiswa. Tujuan dari diadakannya workshop literasi informasi dan sosialisasi pemanfaatan e-resources ini adalah untuk membantu sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Jember dalam menyusun karya ilmiah yang baik dan benar dan memperkenalkan e-resources untuk meningkatkan keterpakaian sumber-sumber elektronik dikalangan sivitas akademika.

Literasi informasi saat ini menjadi kemampuan yang amat penting dimiliki oleh setiap individu, diantaranya mahasiswa dan dosen yang sering dihadapkan dengan masalah pencarian informasi. Menurut hasil kajian, mahasiswa seringkali tidak mampu menilai kualitas dan relevansi informasi. Konsep literasi informasi menjelaskan tentang kemampuan untuk mengenali kapan informasi dibutuhkan kemudian melakukan tindakan pencarian, mengevaluasi, dan menggunakan informasi untuk memecahkan masalah. Literasi informasi merupakan kompetensi individu dan dianggap sebagai kompetensi kunci untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan efektivitas kerja di lingkungan pendidikan tinggi.

Berkembangnya sarana komunikasi dan penyampaian layanan informasi telah banyak yang beralih pada media digital, memudahkan setiap individu untuk berinteraksi dengan informasi secara online. Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat ini berdampak pula pada perubahan perilaku pencarian informasi dikalangan pemustaka. Oleh karena itu gagasan tentang literasi informasi saat ini lebih umum digunakan untuk menggambarkan keahlian yang diperlukan untuk berinteraksi secara efektif di lingkungan elektronik. Menanggapi fenomena tersebut, UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember memiliki visi untuk dapat menyediakan layanan sumber-sumber elektronik berupa melanggan e-journals bagi pemustaka setiap tahunnya. Di samping itu, UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember juga mendapatkan hibah e-resources dari Kemenristekdikti agar dapat membantu meningkatkan aktivitas akademik di lingkungan perguruan tinggi. Dengan adanya hibah tersebut Kemenristekdikti juga akan melakukan pemantauan secara rutin sejauh mana e-resources yang telah dihibahkan tersebut dapat dimanfaatkan oleh institusi.

Namun sayangnya, tingkat penggunaan e-resources di lingkungan Universitas Muhammadiyah Jember saat ini masih sangat rendah. Di samping itu banyak juga mahasiswa yang belum mengetahui cara penulisan karya ilmiah yang baik. Menyadari akan pentingnya kemampuan literasi informasi dan keberadaan e-resources dikalangan sivitas akademika, maka UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember memiliki kewajiban untuk melakukan user education dengan mengadakan “Workshop Literasi Informasi dan Sosialisai pemanfaatan E-Resources”.