Kepala UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember Berperan dalam Suksesnya Seminar Nasional tentang Eksistensi Perpustakaan Perguruan Tinggi

Surabaya, 7 Februari 2024 - Dalam rangka memajukan eksistensi perpustakaan perguruan tinggi melalui jejaring dan kolaborasi, FPPTI Jawa Timur bekerjasama dengan Universitas Surabaya (Ubaya) menggelar Seminar Nasional pada Rabu, 7 Februari 2024. Kegiatan yang bertempat di ruang seminar lantai 5, gedung perpustakaan Universitas Surabaya, Jl. Raya Kalirungkut - Tenggilis, Surabaya ini berhasil menarik perhatian lebih dari 120 peserta.

Berlian Eka Kurnia, S.IIP, M.A, selaku Kepala UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember, turut ambil bagian dalam kegiatan ini dengan bertugas sebagai pembawa acara (MC). Seminar Nasional ini dihadiri oleh dua narasumber, yaitu Ir. Tiat S.Suwardi, M.Si, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, serta Amirul Ulum, M.IP, Direktur Perpustakaan Universitas Surabaya.

Salah satu poin penting yang dibahas dalam seminar ini adalah pentingnya peran perpustakaan perguruan tinggi dalam mendukung Mahasiswa Berkeahlian Magang (MBKM), serta kemitraan dengan industri dan komunitas lokal. Kedua narasumber memberikan wawasan dan pandangan mereka tentang bagaimana perpustakaan dapat menjadi pusat informasi yang relevan, menyediakan program pengembangan keterampilan, peluang magang, serta mendukung penelitian dan inovasi.

Harapan besar dari diselenggarakannya Seminar Nasional ini adalah dapat menginspirasi dan membawa manfaat yang signifikan bagi kemajuan pustakawan dan perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia. Semangat kolaborasi dan peningkatan mutu pendidikan diharapkan akan terus tumbuh untuk mewujudkan visi perpustakaan sebagai mitra strategis dalam meraih prestasi akademis yang unggul.