Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember Mendukung Proses Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi Akuntansi

Jember, 03 Februari 2024 - Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember turut andil dalam mendukung proses asesmen lapangan akreditasi Program Studi Akuntansi, yang dilaksanakan oleh LAMEMBA (Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi). Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 1 hingga 2 Februari 2024. Adapun asesor dalam asesmen lapangan ini ialah, Prof. Dr. Haryono Umar, Ak, MSc, CA, CPAM, dan Prof. Dr. Hadri Kusuma, M.BA.

Salah satu aspek penting yang menjadi penilaian dalam proses akreditasi ini adalah dukungan yang diberikan oleh perpustakaan terhadap program studi. Koleksi e-resources, khususnya ejournal, menjadi salah satu sorotan tim asesor. Kepala UPT Perpustakaan, Berlian Eka Kurnia S.IIP, MA, menyatakan bahwa perpustakaan telah berkontribusi dalam mendukung kegiatan belajar mengajar dan penelitian di lingkungan universitas. "Dukungan perpustakaan tidak hanya terbatas pada koleksi buku fisik, tetapi juga melibatkan akses ke sumber daya digital seperti ejournal, ebook, dan koleksi lainnya. Kami berkomitmen untuk menyediakan lingkungan belajar yang baik untuk civitas academica," ungkapnya.

Salah satu asesor, Prof. Dr. Hadri Kusuma, M.BA, memberikan masukan konstruktif terkait pengembangan akses ke ejournal. Beliau menyarankan penggunaan metode Single Sign On (SSO) untuk meningkatkan kemudahan akses dan kontrol pengguna. Ini merupakan langkah positif dalam memperbaiki dan meningkatkan sistem pengelolaan koleksi digital untuk kalangan civitas.

Pihak perpustakaan juga senantiasa membuka diri terhadap masukan dan saran untuk terus berkembang dan memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna. Proses asesmen lapangan ini menjadi peluang untuk memperbaiki dan memperkuat sistem yang sudah ada.

Harapan besar terletak pada hasil akhir dari proses asesmen lapangan ini, semoga Program Studi Akuntansi dapat meraih predikat "Unggul" yang akan memberikan dampak positif tidak hanya untuk program studi itu sendiri tetapi juga untuk keseluruhan Universitas Muhammadiyah Jember.