FFPTMA Jawa Timur bersama UPT Perpustakaan Unmuh Jember menggelar Seminar dan Workshop Repositori

Unmuh Jember - pada hari selasa dan rabu tanggal 7 dan 8 Juni 2022, FPPTMA Korwil Jawa Timur bekerjasama dengan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember mengadakan kegiatan Seminar nasional dan Workshop dengan tema "Optimalisasi Repositori untuk Membangun Ekosistem Digital Perguruan Tinggi". Kegiatan tersebut berlokasi di gedung Zainuri - Universitas Muhammadiyah Jember.

Kegiatan seminar nasional dan workshop dibuka dengan sambutan dari Dr. Hanafi, M.Pd (Rektor Universitas Muhammadiyah Jember), dilanjutkan dengan penyampaian materi yang dipimpin oleh moderator yaitu Yolan Priatna, S. IIP, M.A (Universitas Ponorogo). Pembicara pertama yaitu Dr. Hanafi, M.Pd (Rektor Universitas Muhammadiyah Jember) sebagai keynote speech dengan tema "Urgensi Repository Institusi pada Perguruan Tinggi dalam Membangun Ekosistem Digital". 

Kegiatan pada hari pertama adalah seminar nasional, narasumber dalam kegiatan seminar nasional tersebut adalah Irkhamiyati, S.IP., M.IP. (Ketua FPPTMA Pusat). Beliau membawakan materi dengan tema Peran Pustakawan dalam Mengembangkan Repositori Institusi untuk Mendukung Kinerja Perguruan Tinggi. 

Narasumber kedua dalam kegiatan tersebut adalah Amirul Ulum, M.IP (Ketua FPPTI Jawa Timur). Beliau membawakan materi dengan tema Kebijakan Publikasi Karya Ilmiah Perguruan Tinggi.

Kegiatan pada hari kedua adalah workshop repository yang dipandu oleh dua orang pemateri yang sangat ahli dalam bidang repository. Pemateri pada hari kedua kegiatan ini adalah Bani Mutakhir, S.Kom. (Universitas Muhammadiyah Surakarta) dan M. Hafiz Ahyanoor, ST. (Universitas Muhammadiyah Malang). Materi dari workshop tersebut meliputi:

  • Instalasi aplikasi repositori
  • Pengenalan layout, workflow, deposit, administrator,review, dll.
  • Webometric
  • Website
  • Tools Ahref
  • Google analytics
  • Google search console
  • Google CSC

Selain kegiatan seminar nasional dan workshop juga dilakukannya rapat koordinasi wilayah FPPTMA Jawa Timur, serta penandatanganan surat perjanjian kerjasama antara UPT Perpustakaan Unmuh Jember melakukan dengan UPT Perpustakaan Unisa Yogyakarta. Ruang lingkup kerjasama yang dilakukan dalam bidang perpustakaan antara lain pengembangan SDM, pelaksanaan penelitian, pemanfaatan sumber informasi dan koleksi, penyelenggaraan kegiatan seminar dan workshop, serta kegiatan literasi informasi.