Kelas Literasi bersama UKM Pena Unmuh Jember

Selasa, 05 April 2022 UPT Perpustakaan menggelar Kelas Literasi bersama UKM Pena, yaitu salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jember yang berkecimpung pada bidang penilitian dan penalaran. Dalam kegiatan yang bertajuk “Matrikulasi Kelas Literasi”  tersebut diikuti oleh duabelas mahasiswa dari UKM Pena.  Adapun materi yang disampaikan dalam kelas literasi ialah akses e-resources, akses e-book, tips menghindari plagiarisme, pemanfaatan reference tool mendeley, serta pengenalan tentang pemanfaatan Repository Universitas Muhammadiyah Jember.

 

Peserta nampak begitu seksama dalam menyimak materi

 

Kegiatan yang digelar di ruang perpustakaan tersebut terbilang cukup sukses. Nampak semua peserta begitu seksama dan antusias dalam menyimak materi yang disampaikan oleh pustakawan Universitas Muhammadiyah Jember. Salah satu peserta, Rais Nurwahyudin, mengungkapkan bahwa salah satu layanan yang ada di UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember yaitu kelas literasi sangatlah menarik dan membantu mahasiswa dalam penulisan karya ilmiah maupun penyelesaian tugas akhir. Menurutnya, dari kegiatan tersebut yang paling berkesan ialah bagaimana ia dan teman-temannya mampu mengelola referensi secara sistematis dan praktis. Karena selama ini yang ia lakukan dalam pengelolaan referensi dan menuangkannya dalam karya tulis dilakukannya secara manual. Disamping itu, mahasiswa Teknik Elektro semester enam ini juga memberikan masukan terhadap kegiatan kelas literasi untuk kedepannya. Diantaranya mengenai sarana yang ada di perpustakaan guna menunjang kegiatan kelas literasi, yaitu penambahan sarana komputer untuk peserta, “Mungkin kedepan bisa disediakan salah satu fasilitas pendukung komputer yang nanti bisa diakses oleh satu kelompok. Karena sejauh ini mahasiswa kadang-kadang tidak memiliki laptop.” Ungkapnya.

 

Peserta Kelas Literasi, anggota UKM Pena

 

Dari masukan tersebut tentu saja menjadi sebuah catatan yang layak dipertimbangkan oleh UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember dalam pengembangan layanan kedepannya, khususnya kelas literasi. Bagi civitas academica, khususnya mahasiswa apabila berminat memanfaatkan layanan bimbingan pemustaka (kelas literasi) dapat mendaftarkan diri melalui link berikut http://bit.ly/KelasLI atau menghubungi pustakawan melalui kontak Whatsapp +6281359316136 / email Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.