Sosialisasi Pemanfaatan E-Resources, IPusnas & Indonesia OneSearch

 

Pada hari Rabu, 10 Maret 2021 pukul 09.00 WIB UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) melakukan kegiatan webinar melalui zoom tentang “Sosialisasi Pemanfaatan E-Resources, IPusnas & Indonesia OneSearch.”

Sosialisasi webinar tersebut di buka oleh Arieni Delia, S.IP Pustakawan Ahli Pertama dari Perpusnas, kemudian dimoderatori oleh Sutrilastio, M.Hum Pustakawan ahli Pertama dari Perpusnas dan Narasumbernya Yuli aryani, M.Si Pustakawan Ahli Muda dari Perpusnas. Dalam webinar tersebut, Kepala UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember Berlian Eka Kurnia, S.IIP, MA juga memberikan sambutan sebelum acara sosialisasi berlangsung.

Narasumber memaparkan bagaimana tata cara menjadi anggota Perpusnas hingga memanfaatkan 3 platform digital mereka, yakni E-Resources, IPusnas & Indonesia OneSearch. Layanan E-resources Perpusnas untuk memenuhi kebutuhan pemustaka digital online seperti jurnal, e-book dan karya-karya referensi online lainnya. Di masa pandemi covid-19 seperti saat ini, mobilitas yang semakin terbatas dan meningkatnya kebutuhan mencari sumber informasi semakin tinggi, sehingga dengan adanya webinar Sosialisasi Pemanfaatan E-Resources, IPusnas & Indonesia OneSearch tersebut memudahkan kita dalam memanfaatkan fasilitas Perpusnas dari manapun, kapanpun dan dimanapun.

Harapannya kerjasama antara UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember dan Perpustakaan Nasional semakin baik, tidak hanya berhenti sampai pada webinar Sosialisasi Pemanfaatan E-Resources, IPusnas & Indonesia OneSearch saja, namun pada webinar-webinar bermanfaat selanjutnya yang memudahkan kita memanfaatkan berbagai platform digital di Perpusnas.