Rakornas dan Seminar Nasional FPPTMA

Tanggal 4-6 Februari 2020, perwakilan UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember menghadiri  undangan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (FPPTMA) di Hotel Grand Angurah Bandar Lampung dalam acara Pelantikan Pengurus, Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dan Seminar Nasional  FPPTMA. Tuan rumah acara ini adalah empat Perguruan Tinggi Muhammadiyah  di Lampung, yakni UM Lampung, UM Kotabumi , UM Metro, dan UM Pringsewu. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Kepala Perpustakaan/ pengelola perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA)  Se-Indonesia.

Pada sesi pembukaan Lasa Hasarna (Ketua FPPTMA) berharap acara Rakornas ini dapat menciptakan hasil yang baik bagi Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah se-Indonesia. Pertemuan ini ditujukan untuk kerja yang membuahkan hasil yang baik, bukan hanya sekadar diskusi tanpa capaian.Target yang ingin dicapai adalah Akreditasi pada seluruh perpustakaan PTMA, dan standar mutu FPPTMA yang dirancang juga menyesuaikan dengan standar akreditasi Perpustakaan Nasional. Selain itu setiap Perpustakaan PTMA juga diharapkan memiliki Muhammadiyah Corner untuk mengelola koleksi-koleksi tentang Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah. Karena tokoh-tokoh Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah banyak meninggalkan pemikiran-pemikiran yang sudah seharusnya dapat dikelola dengan baik oleh pustakawan-pustakawan perguruan tingginya.  

Jazim Ahmad (Rektor UM Metro) berharap semua perpustakaan-perpustakaan PTMA menjadi besar dan terakreditasi. Dengan adanya forum ini, perpustakaan PTMA yang masih berkembang dapat saling belajar untuk dapat maju bersama. Ahmad Muttaqin (Ketua Diktilitbang PP Muhammadiyah) juga mendukung acaranya ini agar Perpustakaan PTMA dapat menjadi resource center  yang berkualitas. Beliau mengatakan bahwa untuk menjadikan perpustakaan sebagai pusat  pengetahuan maka yang perlu diperhatikan adalah kualitas SDM dan good will/ political will dari pimpinan perguruan tinggi (anggaran yang dibutuhkan untuk mengembangkan perpustakaan harus dicukupi).

Agenda hari pertama acara ini adalah pelantikan pengurus FPPTMA dan rakornas, hari kedua seminar nasional dan hari ketiga library tour. Rakornas membahas laporan kerja setiap korwil  dan menyusun standar mutu Perpustakaan PTMA. Seminar nasional mengangkat tema “Peran Perpustakaan dalam Memajukan Indonesia dan Mencerahkan Semesta” mengundang tiga orang narasumber,  yakni Ismail Fahmi, Ph.D (founder Media Kernels Indonesia), Dr. Sumarno (Rektor UM Kotabumi) , Dr. Zulfikar Zen (Wakil Ketua Umum IPI). Library Tour seluruh pustakawan PTMA se-Indonesia diajak untuk mengunjungi Perpustakaan UNILA dan Perpustakaan Universitas Malahayati.

Dalam materi seminar, Ismail Fahmi berbicara tentang “Muhammadiyah dan Strategi Literasi Bangsa”. Bagaimana pustakawan PTMA dapat membantu mencerdaskan bangsa agar terhindar dari berita bohong dan bagaimana pustakawan dapat memanfaatkan big data untuk manajemen perpustakaan. Zulfikar Zen berbicara tentang kode etik profesi pustakawan dan Sumarno menerangkan tentang literasi untuk kemajuan Indonesia.

Kegiatan ini berlangsung dan berakhir dengan baik. Perpustakaan UM Jember berharap dengan bergabung dalam FPPTMA dan mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir dapat menjadikan motivasi untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan. Masih banyak yang perlu ditingkatkan dan diperbaiki, oleh karena itu kami tidak boleh cepat puas dengan semua capaian yang telah diraih. Melalui forum ini Perpustakaan UM Jember banyak mendapatkan pengetahuan dan wawasan baru dari hasil berbagi pengetahuan dengan Perpustakaan PTMA lainnya. Hal tersebut dapat menjadi bekal bagi kami untuk membantu proses akreditasi pada tahun ini.

 





banner