Program Literasi Informasi kepada Mahasiswa

 

Selasa, 24 September 2019 Pustakawan Universitas Muhammadiyah Jember mengadakan kelas literasi informasi di BI Corner Perpustakaan UM Jember bersama dengan sejumlah mahasiswa Fakultas Teknik prodi Teknik Informatika berjumlah 25 mahasiswa yang terbagi menjadi dua sesi, yaitu di hari Selasa dan Kamis. Kelas literasi informasi ini diselenggarakan atas permintaan mahasiswa yang sedang dalam tahap penulisan skripsi.

Pada kegiatan literasi informasi tersebut pustakawan memberikan informasi tentang cara menelusur sumber informasi elektronik (e-resources) sesuai dengan kebutuhan mereka, selain itu pustakawan juga memberikan pengenalan terhadap reference tool. Selama ini mahasiswa merasa kesulitan untuk menemukan jurnal ilmiah terpercaya yang dapat digunakan sebagai bahan rujukan dalam menulis karya ilmiah maupun tugas-tugas kuliah. Para mahasiswa mengaku sangat terbantu dengan adanya kelas literasi informasi ini. Mereka juga mengatakan bahwa pengenalan terhadap reference tool dapat mempermudah dan mempercepat proses penulisan karya ilmiah.

Dengan adanya literasi informasi di UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember diharapkan mahasiswa dapat mengerti dengan baik bagaimana cara menelusur informasi sesuai dengan kebutuhan mereka.