Kelas Literasi : Antusiasme Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi

Jember, 23 Januari 2024 - Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember kembali menggelar kegiatan Kelas Literasi (LI). Pada kegiatan kali ini diikuti oleh beberapa mahasiswal Prodi Ilmu Komunikasi. Kegiatan ini diadakan untuk memberikan pemahaman lebih mendalam kepada mahasiswa tentang literasi informasi dan keterampilan penelitian yang guna mendukung dalam penyelesaian tugas akhir atau skripsi.
Kegiatan kali ini yang dipandu oleh pustakawan Universitas Muhammadiyah Jember, Finda Imalasari, S.IP, dan Abdullah Apriono, S.IP. Mereka berbagi pengetahuan dan membimbing mahasiswa untuk lebih terampil dalam mengelola dan menggunakan sumber informasi guna menunjang kegiatan ilmiah. Salah satu topik dalam kegiatan kali ini ialah pengenalan aplikasi VOSViewer dan POP sebagai alat visualisasi bibliografi. Mahasiswa diajak untuk memahami cara penggunaannya dalam mendukung penelitian dan penulisan karya ilmiah. Visualisasi bibliografi tersebut dapat membantu mereka mengidentifikasi trend penelitian, hubungan antarpenelitian, dan pemahaman yang lebih baik terhadap literatur yang relevan. Materi lain yang diberikan mencakup cara mencari topik yang dapat diteliti dan strategi untuk menemukan referensi yang paling banyak digunakan. Dengan diberikannya kelas literasi ini mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang proses penelitian dan meningkatkan kualitas karya ilmiah mereka.
Kelas literasi ini menjadi bagian dari upaya Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember untuk terus memberikan kontribusi positif kepada proses pendidikan dan pengembangan mahasiswa. Melalui kegiatan seperti ini, diharapkan mahasiswa dapat lebih siap dan terampil dalam menyusun atau menyelesaikan tugas karya ilmiah mereka.