How to Win Friends and Influence People

Judul Buku : How to Win Friends and Influence People

Penulis : Dale Carnegie

Tahun Terbit : 2017

Resensi dari : 2110611121 / YOSEPH TRIPRASETYA SUNDAWA

 

Sebagai salah satu karya unik dari Dale Carnegie, buku How to Win Friends and Influence People adalah salah satu buku tentang pengembangan diri yang mengusung tema cerita-cerita klasik yang bersifat relatable untuk diterapkan di kehidupan sekarang.

Mengusung pembahasan tentang prinsip-prinsip dasar dalam menjalin relasi interpersonal yang bisa dikatakan cukup efektif jika dipikirkan secara akal gamblang. Dale Carnegie menambahkan teori bahwa setiap orang yang akan kita temui memiliki rasa ingin untuk mendapat penghormatan dan untuk dihargai secara mendalam. Jika kita dapat memahami keinginan ini dan memenuhinya, kita akan lebih mudah untuk memenangkan hati dan mempengaruhi orang lain.

Penulisan dengan gaya menarik, membuat buku ini terbilang sedikit berbeda dari buku self-improvement pada umumnya namun tetap memiliki level pemahaman yang mudah dimengerti terlepas dari kisah yang tertanam dalam buku ini memiliki kisah-kisah yang kuno dan prinsip yang cukup jadul namun tetap, buku ini mampu memiliki sifat fleksibel pada penerapannya dan mampu membantu untuk meningkatkan keterampilan interpersonal.

Penegasan bahwa rasa hormat dan perhatian kepada orang lain merupakan aspek penting, Dale Carnegie juga menekankan pentingnya menjadi pendengar yang baik dan memahami sudut pandang orang lain. Berbagai tips untuk menjadi pembicara yang percaya diri, pentingnya menjadi pendengar yang aktif dan empatik, serta pelajaran tentang pentingnya menjadi pemimpin yang mampu membangun kepercayaan membuat buku ini bisa dikatakan mendekati kesempurnaan dalam bentuk buku pembangunan karakter.

Dapat disimpulkan bahwa buku "How to Win Friends and Influence People" adalah buku yang sangat bermanfaat bagi siapa saja yang ingin meningkatkan keterampilan interpersonalnya. Buku ini memberikan panduan praktis yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.