Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

Judul Buku : Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

Penulis : Mark Manson

Tahun Terbit : 2016

Resensi dari : 2110651010 / PUTRI DELTA SOFIANA

 

"Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat" adalah buku yang mengundang pembaca untuk merenungkan arti sejati dalam hidup. Penulisnya, Mark Manson, dengan gaya yang lugas dan jujur, mengajak kita untuk mempertanyakan nilai-nilai dan prioritas kita dalam hidup. Buku ini bukan sekadar panduan untuk menjadi lebih santai atau acuh tak acuh, melainkan lebih kepada mencari makna dalam kehidupan yang seringkali rumit dan penuh tekanan.

Salah satu poin utama yang disoroti oleh Manson adalah bahwa kita seringkali terlalu khawatir tentang hal-hal yang sebenarnya tidak begitu penting. Ia menggambarkan konsep "bodo amat" sebagai sikap yang membebaskan, di mana kita belajar untuk tidak terlalu terpaku pada ekspektasi orang lain atau norma sosial yang kadang membatasi kita.

Mark Manson tidak mengklaim bahwa hidup tanpa peduli sama sekali adalah solusi, tetapi ia mengajarkan kita untuk memilih dengan bijak kapan kita harus peduli. Buku ini membantu kita menyadari bahwa kita memiliki keterbatasan dalam energi dan perhatian kita, dan kita harus mengalokasikannya dengan baik.

Buku ini juga membahas topik tentang nilai-nilai hidup yang sejati, memfokuskan perhatian pada hal-hal yang benar-benar penting, seperti hubungan, pertumbuhan pribadi, dan kebahagiaan. Manson menyajikan argumen dengan menggunakan contoh pribadi dan humor yang membuatnya mudah dicerna.

"Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat" bukan hanya buku motivasi, tetapi juga sebuah karya yang mengajak kita merenung dan mengubah perspektif kita tentang hidup. Manson menunjukkan bahwa dengan mengenali kelemahan kita dan belajar untuk lebih bijaksana dalam memilih perhatian kita, kita bisa meraih kehidupan yang lebih memuaskan dan bermakna.

Buku ini cocok untuk siapa saja yang mencari panduan untuk hidup yang lebih sederhana, berarti, dan bebas dari tekanan yang tidak perlu. Mark Manson mengingatkan kita bahwa pada akhirnya, hidup adalah tentang mencari makna pribadi, bukan sekadar mengikuti alur yang telah digariskan oleh orang lain.

"Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat" adalah buku yang menggelitik pemikiran dan menginspirasi, dan akan memberikan perspektif yang berbeda tentang bagaimana kita melihat dan menghadapi hidup kita. Dengan kata lain, buku ini adalah pengingat penting bahwa terkadang, kita perlu bersikap "bodo amat" untuk bisa hidup dengan lebih bahagia dan bermakna.